Polres KLU Pasang X-ray dan Metal Detector

Maswandi 28 Desember 2016 20:32:04 WIB

TANJUNG – Pengamanan objek wisata jelang Tahun Baru mulai diperketat oleh aparat keamanan. Polres Lombok Utara (KLU) memasang X-ray dan menyiapkan metal detector untuk memeriksa wisatawan yang akan menyeberang ke tiga gili. ”Kita akan berlakukan pemeriksaan menyeluruh bagi wisatawan dan barang bawaannya. Ini berlaku sampai malam Tahun Baru nanti,” ujar Kapolres Lombok Utara AKBP Rifai, kemarin (26/12).

Sehingga, wisatawan yang akan menyeberang ke tiga gili harus melewati pemeriksaan berlapis. Mulai dari X-ray, metal detector dan pemeriksaan manual oleh petugas. ”Ini untuk mencegah barang berbahaya masuk ke tiga gili seperti senjata api, senjata tajam, bahan peledak, minuman keras, dan narkoba,” tandasnya.

Pantauan Lombok Post, para calon penumpang yang sudah membeli tiket penyeberangan harus menyerahkan barang bawaannya untuk melewati X-ray. ”Kalau ada kedapatan, akan diproses sesuai hukum,” tegasnya.

Selama pemeriksaan, kata Rifai, pihaknya belum menemukan barang bawaan para calon penumpang ke gili yang mencurigakan. Dalam perayaan Tahun Baru, pihaknya lebih mengedepankan pencegahan gangguan kamtibmas.

Ia mengungkapkan, dalam perayaan Tahun Baru, selama seminggu ini pihaknya menerjunkan personel kepolisian Lombok Utara sebanyak 200 orang. Mereka dibantu oleh personel Dishubkominfo, Satpol PP, TNI, dan Basarnas.

Personel gabungan ini akan disebar di 12 titik di Gili Trawangan, satu titik di Gili Meno, dan satu titik di Gili Air. Tim juga akan disiagakan di pelabuhan Bangsal dalam arena pusat perayaan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh pemda mulai 25 Desember hingga 1 Januari 2017.

Selain itu, pihaknya juga telah mendirikan empat posko pengamanan yang ditempatkan di empat titik. Diantaranya, perempatan Bangsal, Pelabuhan Bangsal, Pasar Tanjung dan Lapangan Anjah. Ini dilakukan untuk mem-back up kawasan Senaru dan sekitarnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar usai melihat langsung proses pemeriksaan wisatawan mengapresiasi langkah kepolisian. Terutama untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan. Khususnya bagi wisatawan yang akan mengikuti malam pergantian tahun di tiga gili. ”Semoga seluruh kegiatan pergantian tahun di Lombok Utara bisa berlangsung aman dan lancar,” harapnya. (puj/r7)

Sumber: http://www.lombokpost.net/2016/12/27/polres-klu-pasang-x-ray-dan-metal-detector/

Komentar atas Polres KLU Pasang X-ray dan Metal Detector

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar