TGB: Masyarakat Jangan Ambil Resiko Jika Mau Jadi TKI

Maswandi 04 November 2016 16:24:21 WIB

kicknews.today Mataram – Pasca insiden tenggelamnya kapal jenis speedboat yang mengangkut 93 orang TKI dari Johor, Malaysia. Dimana, didalamnya terdapat puluhan warga NTB yang ikut jadi korban, Gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi bakal memperketat verifikasi keberangkatan TKI melalui Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP).

TGB menegaskan, tenggelamnya kapal itu memang menjadi urusan Pemerintah Batam. Akan tetapi, korbannya juga merupakan warga NTB, yang diduga adalah TKI ilegal. Sehingga Ia menegaskan semestinya siapa pun yang akan bekerja keluar negeri harus mengikuti protap LTSP sesuai prosedur.

Terlebih Pemerintah Provinsi sudah memiliki kerja sama khusus dengan BMUN Malaysia. Sehingga warga NTB seharusnya terjamin bekerja disana mulai dari urusan gaji dan semua hak-hak mereka.

“Jalur Batam ini, diindikasikan digunakan warga NTB sebagai jalur keluar masuk yang tidak melalui LTSP berangkat ke Malaysia. Padahal, Edukasi pemanfaatan LTSP sudah terus kita lakukan, LTSP ini untuk kepentingan masyarakat sendiri. Oleh karenanya, jangan gunakan calo atau tekong-tekong tidak jelas mengiming-ngiming pekerjaan bagus, gaji besar akhirnya seperti ini.” Ungkapnya.

TGB membantah jika LTSP dinilai gagal. Karena menurutnya jika melihat tren jumlah TKI yang legal semakin membaik dan bertambah dalam delapan tahun terakhir. Hanya saja, memang calo TKI atau tekong banyak yang langsung turun ke masyarakat mengiming-imingi kemudahan. Jadi masyarakat yang ingin lebih cepat berangkat, terkadang masyarakat karena berbagai pertimbangan akhirnya menyerahkan ke tekong.

Namun, semua ini menjadi bahan evaluasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota ke depan. Supaya bisa lebih intens bekerja sama dengan kepala desa yang memiliki data lengkap, sehingga warga bisa diingatkan untuk menggunakan jalur dan pelayanan legal.

“Bagi saya, masyarakat jangan mau diimingi gaji besar, ikutilah prosedur demi keselamatan dan kesuksesan juga,” pesannya. (prm)

Sumber : http://kicknews.today/2016/11/04/tgb-masyarakat-jangan-ambil-resiko-jika-mau-jadi-tki/

Komentar atas TGB: Masyarakat Jangan Ambil Resiko Jika Mau Jadi TKI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sigar Penjalin

tampilkan dalam peta lebih besar